Connect with us

BISNIS

Jelang Pilkada, KPI Cilacap Ajak Keterlibatan Perempuan Dalam Politik

Published

on

Indonesiarayakini.com, Cilacap – Kesetaraan gender ternyata belum tercermin dalam keterwakilan perempuan dan laki-laki di bidang politik. Hingga saat ini partisipasi perempuan di partai politik dan lembaga legislatif masih rendah.

Atas Dasar itulah Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) untuk keadilan dan Demokrasi Cabang Cilacap menyelenggarakan Diskusi Publik dengan tema “Posisi Pemilih Perempuan dalam Pemilih Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Cilacap Tahun 2017” yang bertempat di Gedung Sumekar (PKK) komplek pendopo Kabupaten Cilacap.

Seperti dikutip Fokuscilacap.com, Ketua Cabang KPI Cilacap Anirotul Munawaroh memgatakan, bahwa banyak perempuan yang dipinggirkan dalam pengambilan keputusan, maka KPI memanfaatkan suasana ini untuk melaksanakan diskusi politik yang berkaitan mengenai posisi pemilih perempuan dalam pilkada Cilacap tahun 2017 mendatang.

Meskipun jumlah perempuan di parlemen mengalami peningkatan yaitu dari 11,3% pada Pemilu 2004 menjadi 18% pada Pemilu 2009, tetapi angka ini masih jauh dari yang dicita-citakan, yakni 30% menurut Undang-Undang No 10/2008 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPD.

“Pengalaman Pemilu tahun 2004 dan 2008 menunjukan bahwa perjuangan perempuan dalam mendesakan payung hukum bagi keberadaan caleg perempuan dengan menyertakan tindakan afrimatif, ternyata belum berhasil meningkatkan jumlah keterwakilan perempuan secara signifikan,” ungkapnya kepada Fokuscilacap.com di Gedung Sumekar (PKK) komplek Pendopo Kabupaten Cilacap, Selasa (8/3).

Sedangkan perwakilan KPU Cilacap, menyampaikan beberapa point-point penting tentang gender dan seksis, steroktip dan stigma yang mengatakan bahwa perempuan adalah lemah. Namun hal itu ditepisnya. Karena faktanya perempuan lebih kuat secara biologis yaitu memiliki angka harapan hidup tinggi, kemampuan memiliki peran ganda, probilitas kematian rendah dan perempuan lebih bisa survival dibanding pria.

“Dilihat dari partisipasi perempuan dalam pemilihan secara nasional pemilih perempuan lebih tinggi dibanding laki-laki, pemilu egaliter berbasis gender memiliki kesamaan dalam hak suara. Karena peran perempuan dalam pemilu sebagai pemilih, kontestan, penyelenggara dan partisipasi kegiatan setta agen of change,” jelasnya.

Meski sisi lain, belum ada sanksi tegas yang dikenakan kepada partai politik (parpol) yang hingga saat ini belum melaksanakan perintah UU Pemilu untuk menambah komposisi perempuan sebanyak 30%. Di tambah lagi,  pemberlakukan kuota 30% bagi calon legislatif perempuan pada Pemilu 2004 yang kemudian disempurkanakan dengan pemberlakukan sistem zipper pada Pemilu 2009. Tapi harus kandas dengan Keputusan Mahkamah Konstitusi yang menyatakan penetapan calon  terpilih berdasarkan suara terbanyak

Sementara itu, Anggota DPRD Cilacap dan Anggota Kaukus Perempuan Politik Indonesia
Hj. Endang Sutarsih, S.H.I mengatakan, bahwa perempuan harus bisa memperjuangkan hak suara perempuan, maka ketika memilih harus jeli, bahwa pemimpin harus loyalitas terhadap persoalan gender, serta melek terhadap berbagai persoalan yang ada di Cilacap.

“Perempuan dalam berpolitik di cilcap harus melihat berbagai aspek, antara lain pendidikan di Cilacap yang masih mahal, ekonomi dan ketenagakerjaan. TKW yang seharusnya diperhatikan soal gaji, kesejahteraan dan payung hukun yang jelas. Kemudian kekerasan gender & anak, serta belum adanya anggaran untuk pendampingan terhadap program trafiking,” bebernya.

Menurutnya, perempuan harus menjadi first class bukan lagi second class bukan lagi to have tapi to be maka perlu dibentuk culture “melek politik” dengan kemampuannya perempuan kini harus bisa berperan publik dan domestik karena politik sangat penting dalam proses pengambilan keputusan.

“Maka dengan lebih banyak keterwakilan perempuan di lembaga legislatif, akan mempengaruhi kebijakan yang lebih pro terhadap kebutuhan perempuan. Jadi tindakan afirmatif diperlukan terkait dengan dominasi budaya patriarki yang masih kuat mempengaruhi dunia politik, termasuk iklim partai politik yang berbau maskulin,” jelasnya.

Dia berharap, ada aturan hukum yang harus dicantumkan dalam UU Pemilu mendatang untuk menyadarkan bahwa ada hak perempuan yang selama ini terabaikan yang harus dikembalikan. “Kami mendorong perempuan Indonesia aktif politik, dan parpol juga memberikan kesempatan pada perempuan lebih besar pada pemilu 2014. Kami juga dorong sanksi yang lebih tegas terhadap parpol yang  belum melaksanakan 30% itu,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia (KPPRI) Andi Timo Pangerang menilai, partisipasi politik perempuan dalam revisi UU Pemilu di DPR saat ini pun belum banyak diangkat. Untuk itu KPPPA dan organisasi perempuan terus mengawal pembahasan revisi UU tersebut, agar keterlibatan perempuan lebih besar lagi.

Ia mengatakan, sejauh ini mayoritas calon legislatif laki-laki terpilih berada di nomor 1 (68%), lebih banyak dari caleg perempuan di urutan yang sama. Ini menunjukan pancalonan laki-laki yang lebih banyak di urutan 1 memberi peluang keterpilihan mereka lebih bisa.

“Memang banyak faktor yang membuat perempuan masih kurang, salah satunya tidak benar jika rendahnya partisipasi perempuan di parlemen, karena adanya tuntutan adaptasi dengan budaya macho dan maskulin di parlemen,” ucapnya.

Untuk diketahui, Diskusi itu dihadiri oleh berbagai kelompok seperti, Pelajar dan Mahasiswa, Buruh Migran, Profesi, Nelayan dan Ibu Rumah Tangga yang terbagi menjadi beberapa kelompok balai perempuan. (rma/fkc)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Energi

Listrik di Sulteng Sudah Normal

Published

on

Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Zonaekonomi.com, Batam – Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan kini kelistrikan di Sulawesi Tengah sudah normal kembali, paskabencana gempa yang disertai tsunami dan likuifaksi, beberapa waktu lalu.

“Pemulihan listrik sangat cepat. Hari ini 100 persen sudah beroperasi, full,” kata Menteri saat berkunjung di Batam, Kepulauan Riau, Jumat (19/10/2018).

Pemulihan penyaluran listrik di Sulteng sudah dimulai tiga hari setelah bencana. Tim kelistrikan langsung bergerak dengan berbagai upaya, memastikan daerah itu tidak gelap gulita.

Selain listrik, penyaluran bahan bakar minyak di sana juga sudah mulai normal kembali. “BBM juga sama. Kami melihat perkembangannya dalam setiap kunjungan. Pada kunjungan kedua dan ketiga, masyarakat mengantri BBM sampai mengular berkilometer. Sekarang sudah tidak ada antrian,” kata Menteri.

Begitu pula dengan masalah telekomunikasi. Ia mengatakan, kini masyarakat sudah tidak menemukan kendala untuk berkomunikasi jarak jauh dengan kerabat dari dan ke luar Sulteng.

Menurut dia, percepatan pemulihan listrik, BBM dan telekomunikasi itu menandakan kehidupan masyarakat Sulteng sudah mulai pulih.

“Percepatan itu memberi suatu sinyal, dampak masyarakat, bahwa ekonomi di Sulteng sudah berjalan,” kata dia.

Pemulihan bencana di Sulteng berlangsung relatif cepat, dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, termasuk dunia internasional. Dalam waktu kurang dari dua pekan, semua sistem dalam pengelolaan bencana bisa sejalan dan berjalan dengan baik.

Menteri juga mengimbau seluruh pengungsi yang keluar dari Sulawesi Tengah segera kembali ke daerahnya, untuk bersama-sama menghidupkan Palu, Sigi dan Donggala. “Kami menghimbau pengungsi yang ke luar dari Sulteng, kembali lagi. Mari bangun Sulteng bersama-sama,” kata Menteri. (yjn)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

UKM & Koperasi

Sandiaga : UKM akan Tingkatkan Perekonomian

Published

on

Calon Wakil Presiden 2019, Sandiaga Uno saat mengunjungi Pasar Raya Inpres Padang, Jumat (19/10/2019).

Zonaekonomi.com, Jakarta  – Calon Wakil Presiden RI nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno menjanjikan perubahan dan mengembalikan kekuatan ekonomi di Tanah Air.
 
“Intinya UMKM seperti ini yang bisa mengembalikan kekuatan ekonomi nasional,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Jumat (19/10/2018).

BACA JUGA : Koalisi Prabowo-Sandi Prioritaskan Kampanye di Pulau Jawa

Hal tersebut disampaikannya saat melakukan kunjungan dan menyerap aspirasi masyarakat dengan sarapan serta berdialog  dengan warga di Bopet  Rajawali Juanda. Salah satu tempat sarapan favorit di Jalan Juanda, Padang.

Cawapres pasangan Prabowo Subianto ini menikmati soto daging campur Padang dan dua butir telor setengah matang yang direndam dengan kuah sup. 
 
“Enaknya maknyus, kuliner seperti ini menyerap lapangan kerja dan bisa mensejahterakan masyarakat sekitarnya,” kata Sandiaga.

Selain itu, katanya, kuliner bisa mengembangkan potensi pariwisata di daerah Padang. Wisata kuliner sekarang menjadi primadona, katanya.

Usai makan, di luar rumah makan Rajawali, ratusan emak-emak sudah menunggu calon wakil presiden yangn diusung Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Demokrat itu.

Sandiaga dalam pidato singkatnya menyatakan sudah saatnya ada perubahan. Perubahan ekonomi yang lebih bagus, ekonomi yang menyerap lapangan kerja dan menjaga  harga -harga kebutuhan pokok yang stabil dan terjangkau. (sus)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Finansial

BI Sebut Nilai Rupiah Sudah Stabil

Published

on

Gubernur BI, Perry Warjiyo.

Zonaekonomi.com, Jakarta – Otoritas moneter Bank Indonesia menyebutkan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS saat ini sudah stabil dan bergerak sesuai mekanisme pasar.

Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta, Jumat (19/10/2018), mengatakan nilai rupiah sudah stabil saat ini, ketika kurs rupiah bergerak di kisaran Rp15.200 per dolar AS.

“Kondisi nilai tukar tetap stabil, pasokan dan permintaan di pasar berjalan baik, mekanisme pasar bergerak secara baik,” kata Perry.

Kurs refrensi Jakarta Interbank Spot Dolar AS Rate (Jisdor) yang diumumkan di laman BI, Jumat, menunjukkan rupiah berada di Rp15.221 per dolar AS.

Perry mengatakan kondisi nilai tukar rupiah saat ini menunjukkan kepercayaan pelaku pasar termasuk investor global terhadap kondisi perekonomian domestik.

“Perkembangan global dari hari ke hari ada berita baru, wajar kalau pergerakan nilai tukar rupiah merespons,” ujarnya.

Pergerakkan nilai tukar rupiah setelah menembus level Rp15 ribu per dolar AS relatif stabil dengan tingkat volatilitas yang tidak terlalu dalam.

Sementara, kalangan ekonom menyebutkan nilai tukar rupiah yang sudah berada di kisaran Rp15.000-an per dolar AS merupakan titik keseimbangan (ekuilibrium) baru yang mencerminkan kondisi fundamental perekonomian Indonesia.

Ekonom Agustinus Prasetyantoko meyakini rupiah akan sulit kembali menguat dari level saat ini mengingat ketidakpastian ekonomi global diperkirakan masih akan berlanjut yang menyebabkan pengetatan likuiditas global.

“Dengan pasokan dan likuiditas yang terbatas, kita tidak akan kembali ke Rp13.000 atau Rp14.000. Rp15.000 inilah titik keseimbangan baru buat rupiah kita,” ujar Agustinus yang juga Rektor Universitas Katolik Atma Jaya itu pada Rabu (17/10).

Untuk mengurangi dampak ketidakpastian ekonomi global di sisa tahun, perbankan memprediksi Bank Indonesia akan menaikkan suku bunga acuan 7-Day Reverse Repo Rate satu kali lagi tahun ini menjadi enam persen, setelah lima kali kenaikan sepanjang tahun.

“Bunga Acuan BI masih akan naik lagi sebesar 25 basis poin,” kata Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman Arif Arianto, Rabu (17/10/2018). (iap)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending