Connect with us

BISNIS

HISMI Ingin Bangkitkan Kejayaan Saudagar Indonesia

Published

on

Zonaekonomi.com, Jakarta – Ketua Umum Himpunan Saudagar Muda Indonesia (HISMI) Anaz Almansour menyampaikan pentingnya peran pengusaha muda sebagai pembangkit ekonomi bangsa, namun demikian peran generasi muda bagi bangsanya itu harus ada realisasinya.

“Atas dasar itulah HISMI hadir sebagai sebuah himpunan para saudagar muda yang ingin membangkitkan kiprah para saudagar indonesia yang dulu sangat dikenal di dunia luar, ” kata Anas kepada KenaApa.id di Jakarta (19/5).

Kehadiran HISMI juga memiliki kepentingan untuk menjadikan generasi muda agar bermental dan berpikir pengusaha, serta mencetak dan menularkan semangat menjadi pengusaha.

Anas menambahkan, HISMI akan bersinergi dengan organisasi atau asosiasi ataupun himpunan pengusaha muda yang telah hadir terlebih dahulu seperti HIPMI, JPMI, dan HIPPI.

“Dengan adanya organisasi pengusaha muda ini maka akan semakin memberikan pilihan para pengusaha muda semakin berkiprah dan mengambil peran membangkitkan serta melahirkan pengusaha pengusaha muda yang baru,” kata Anas.

Anas berharap, HISMI bisa memberikan kontribusi terbaik buat bangsa indonesia.

Pihaknya juga menawarkan, bagi yang berkeinginan untuk menjadi ketua di provinsi bisa mengirimkan cv nya. Atau kirim
#nama #nama perusahaan #bergerak dibidang #provinsi #Ke WA 08995051553
Email : anaszulham@presidency.com. (rin)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Trans

PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL) Right Issue untuk Raih Dana Rp 351,86 M

Published

on

Direktur Utama BULL, Kevin Wong memberikan konferensi pers, di Gedung Bursa Efek.

Zonaekonomi.com, Jakarta – PT Buana Lintas Lautan Tbk (kode saham BULL) melakukan aksi korporasi Rights Issue sebanyak 2,51 milyar saham baru, untuk mendapatkan dana segar sebesar Rp. 351,86 Milyar.

Langkah right issue ini akan dijadikan modal untuk menjawab permintaan kapal yang terus meningkat, dimana harga kapal secondhand masih sangat murah, sedangkan permintaan pengangkutan terus meningkat.

“Permintaan ruang kapal tanker minyak diprediksi akan naik 4% di tahun 2018 oleh Clarksons Research, sedangkan perkembangan armada hanya 1%. Berarti permintaan akan tumbuh 4x lipat lebih tinggi daripada persediaan yang akan mendorong penyewa berebut untuk mendapatkan kapal yang berujung pada kenaikan signifikan tarif sewa,” kata Direktur Utama BULL, Kevin Wong di Gedung Bursa Efek, Kamis (21/6/2018).

Pada tahun 2015 saja tarif sewa naik dari USD15.000/hari ke USD30.000/hari dalam waktu 1 tahun dengan hanya gap 1% dimana permintaan lebih tinggi daripada persediaan. Dengan gap 3% tahun ini atau 3x lipat lebih baik daripada 2015, tarif sewa berpeluang meningkat jauh lebih signifikan.

Dampak peningkatan tarif sewa kapal sangat besar pengaruhnya terhadap laba bersih BULL, karena setiap peningkatan tarif charter USD1.000/hari di setiap kapal BULL akan meningkatkan laba bersih per tahun per kapal sebanyak USD365,000. Armada BULL saat ini 17 kapal dan akan terus berkembang.

“Dengan dukungan keuangan dan pendanaan yang handal, dapat diyakinkan bahwa BULL akan mencapai kinerja yang jauh lebih baik lagi daripada tahun 2017,” kata Kevin.

Rencana Ekspansi ke Bisnis Batubara

Selain dari segmen minyak dan gas, pertumbuhan industri transportasi angkutan laut juga akan tumbuh sangat signifikan sejak Presiden Jokowi memberikan penguatan Asas Cabotage menjadi Beyond Cabotage.

“Perseroan juga mendapatkan permintaan untuk kapal pengangkutan batubara, dimana sesuai dengan peraturan Beyond Cabotage, Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 82 Tahun 2017, pada Mei 2020, ekspor batubara dan CPO harus diangkut oleh kapal perusahaan pelayaran Indonesia. BULL juga ingin merambah ke bisnis batubara dan ikut ambil bagian mendukung Peraturan tersebut dan rencananya tidak lama lagi akan ada realisasinya,” lanjut Kevin Wong.

Ini tentunya prospek yang sangat besar karena Indonesia adalah negara pengekspor batubara terbesar dengan ekspor lebih daripada 300 juta ton per tahun ditambah dengan permintaan dalam negeri yang sekitar 100 juta ton per tahun.

Perkembangan Nilai BULL

Dana dari rights issue akan mempercepat pertumbuhan nilai perusahaan yang berimplikasi peningkatan nilai perusahaan secara berkesinambungan. Secara historis, BULL menggunakan dana dari pasar modal dengan produktif.

Pada tahun 2017, dengan tambahan dana Rp240 milyar BULL meningkatkan kapasitas armadanya dari dibawah 600,000 DWT menjadi 850,000 DWT atau lebih dari 40%. Hal ini mendorong harga saham naik dari sekitar Rp. 100,- sebelum rights issue di tahun 2017 sampai titik tertinggi diatas Rp. 250.

Didukung dengan rights issue sekarang yang lebih besar dan juga aksi korporasi lainnya yang direncanakan, ke depan BULL berpotensi besar mendapatkan laba bersih yang meningkat secara berkesinambungan dan signifikan.

“Didukung prospek dalam negeri yang sangat cemerlang dengan komitment pemerintah dalam hal maritim dan juga penguatan pasar luar negeri yang sangat menjanjikan, kami yakin BULL akan mencapai nilai pasar yang jauh lebih baik daripada sekarang,” kata Kevin, seperti dilansir Mediaemiten.com. (vin)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Finansial

IHSG BEI Jumat Dibuka Melemah 23 Poin

Published

on

IHSG di Bursa Efek Indonesia dibuka melemah sebesar 23 poin atau 0,38 persen ke posisi 6.083,3 dari posisi sebelumnya 6.106,7.

Zonaekonomi.com, Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (8/6/2018), dibuka melemah sebesar 23 poin atau 0,38 persen ke posisi 6.083,3 dari posisi sebelumnya 6.106,7.

Analis Binaartha Parama Sekuritas Muhammad Nafan Aji ketika dihubungi Antara di Jakarta, Jumat, menilai terdapat penyebab internal dan eksternal dari pelemahan indeks.

Secara eksternal, pelemahan indeks berkaitan dengan faktor penurunan berbagai indeks di regional Asia.

Hal tersebut terjadi sebagai respons adanya ketidakpastian pada pertemuan puncak G7 di Ottawa, Kanada.

“Akibat masing-masing negara masih saling menerapkan kenaikan tarif impor yang berujung pada sentimen perang dagang,” ujar Nafan.

Kemudian, secara internal, Nafan menilai momen menjelang cuti bersama Lebaran 2018 turut mempengaruhi pelemahan indeks yang terjadi.

“Pelemahan indeks lebih disebabkan adanya aksi profit taking yang terjadi dalam rangka menyambut hari libur yang berkepanjangan,” ucap dia. (vin)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Finansial

Rupiah Susut 27 Poin jadi Rp13.902 Per Dolar AS

Published

on

Nilai tukar rupiah dalam transaksi antarbank di Jakarta turun 27 poin menjadi Rp13.902 per dolar AS dari Rp13.875 per dolar AS.

Zonaekonomi.com, Jakarta – Nilai tukar rupiah dalam transaksi antarbank di Jakarta turun 27 poin menjadi Rp13.902 per dolar AS dari Rp13.875 per dolar AS pada Jumat pagi, setelah melemah 12 poin pada pembukaan perdagangan.

Menyusul pelemahan 22 poin menjadi Rp13.875 per dolar AS pada penutupan pasar Kamis (7/6) sore, pada pembukaan perdagangan hari ini rupiah kembali turun 12 poin menjadi Rp13.887 per dolar AS, lalu bergerak di kisaran Rp13.887 sampai Rp13.906 per dolar AS.

Analis pasar uang Bank Mandiri Rully Arya Wisnubroto mengatakan penurunan kurs rupiah antara lain dipengaruhi oleh tingginya permintaan dolar AS di dalam negeri, baik untuk pembayaran utang luar negeri dan dividen maupun untuk keperluan warga yang hendak berlibur ke luar negeri.

“Libur panjang minggu depan juga banyak yang liburan ke luar negeri,” kata dia.

Sementara itu, para pelaku pasar juga masih menunggu pengumuman kebijakan moneter The Federal Reserve Amerika Serikat pekan depan untuk mengetahui proyeksi frekuensi kenaikan suku bunga acuan pada 2018. (rob)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending