Connect with us

BISNIS

Perkuat Sinergi Antar Anggota, HISMI Tingkatkan Silaturahmi

Published

on

Zoneekonomi.com, Jakarta – Untuk memperkuat sinergi antar anggota, Himpunan Saudagar Muda Indonesia (HISMI) meningkatkan frekuensi silatrahmi dengan pengurus dan anggotanya.

“Kami terus melakukan konsolidasi agar semakin kuat dan saling sinergi sesama anggota,” kata Pendiri dan Ketua Umum HISMI Anaz Almansour di Jakarta, Senin (30/5).

Anas dan rombongan pengurusnya yaitu Anzil Khairil Geumpang, Darmanyanty, Christine dan Crispina mengadakan pertemuan dengan President Ferrari Owner Ahmad Syahroni yang juga anggota DPR RI.

Tujuan silaturahmi adalah untuk memperkuat organisasi dan juga mengembangkan organisasi ini ke seluruh Indonesia.

“Dari organisasi ini, kami mengharapkan akan lahir saudagar-saudagar muda yang bisa memperkuat link saudagar untuk go internasional,” kata Anas.

Selain itu, Anas juga berharap saudagar muda mampu mengembangkan teknologi yang bersinergi dengan usaha yang dilakukan saat ini. Pengembangan IT wajib dimiliki saudagar-saudagar muda untuk bisa bersaing dengam para pengusaha di luar negeri, dan yang paling penting adalah membangun jaringan saudagar muda seluruh indonesia.

HISMI mengharapkan dukungan para saudagar muda yang ingin dan saling memajukan perusahaannya untuk kemajuan bangsa.

Bagi para saudagar muda yang ingin bergabung dengan organisasi ini, dapat menghubungi sms center : 08995051553, atau email : anaszulham@presidency.com. (bud)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Digital

Menkominfo Harapkan Korsel Berinvestasi pada Start Up Indonesia

Published

on

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

Zonaekonomi.com, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengharapkan Korea Selatan dapat berinvestasi untuk mengembangkan usaha rintisan berbasis digital atau Start Up Indonesia agar dapat sama-sama berkembang.

“Harapannya sih ya para investor dari Korea Selatan ini, melirik start up Indonesia untuk bisa berinvestasi ataupun bermitra dalam mengembangkan bisnisnya,” kata Rudiantara ketika menghadiri diskusi Start Up Asia di Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Ia menjelaskan bahwa pengembangan bisnis digital Indonesia berkembang dengan pesat, dan rata-rata rintisan usaha digitalnya dikelola olah anak muda.

“Tidak perlu membawa teknisi Korsel ke Indonesia, kita mampu kok bersaing, cukup bermitra dari segi pendanaan ataupun penerapan teknologi, itu sudah banyak membantu kami,” kata Rudiantara.

Menurutnya, jika membawa teknisi dari Korsel, itu sama saja tidak memberi kesempatan tenaga lokal untuk berkembang, bahkan nanti justru muncul kecemburuan sosial.

Rudiantara menilai Korsel sebagai negara yang memiliki perkembangan usaha rintisan yang bagus, sebab banyak faktor yang mendukung pengembangan anak muda di Negeri Ginseng tersebut.

Selain infrastruktur teknologi yang mendukung, jaringan internet di Korsel memiliki kemampuan yang di atas rata-rata negara Asia, bahkan merupakan salah satu yang tercepat di dunia.

Setelah infrastruktur, lembaga serta kesiapan dari pembiayaan juga lebih mudah di Korsel, sebab di negara tersebut sudah banyak dilirik oleh negara maju lainnya sebagai tempat strategis untuk berinvestasi, utamanya sektor teknologi.

Pertemuan Indonesia dengan delegasi investor Korsel bertujuan untuk mempermudah pengembangan usaha rintisan di Indonesia, kesempatan tersebut juga sebagai lahan untuk bertukar pikiran dengan yang berkembang di Korea. (asn)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trade

Sri Mulyani Katakan Kualitas SDM Jadi Pusat Perhatian

Published

on

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

Zonaekonomi.com, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi hal yang akan secara serius diperhatikan oleh pemerintah melalui pengalokasian anggaran pendidikan dan kesehatan.

“Di dalam konteks bagaimana mengelola APBN, sesuai dengan prioritas yang disampaikan Presiden Joko Widodo, maka SDM merupakan prioritas utama pengalokasian,” kata Sri Mulyani dalam acara Penganugerahan Habibie Award Periode XX Tahun 2018 di Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia tersebut mengatakan bahwa Indonesia sesudah Reformasi memiliki komitmen 20 persen anggaran negara adalah untuk pendidikan.

Pada tahun 2018 terdapat sekitar Rp440 triliun untuk pendidikan. Angka tersebut meningkat menjadi sekitar Rp500 triliun tahun berikutnya.

Anggaran pendidikan tersebut sebagian dialokasikan untuk dana abadi pendidikan (sovereign wealth fund) yang membiayai beasiswa pendidikan mahasiswa, seperti melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Sri Mulyani menyebutkan jumlah penerima beasiswa sudah mencapai lebih dari 18 ribu orang, terdiri dari tujuh ribu mahasiswa telah menyelesaikan studi dan sembilan ribu mahasiswa sedang dalam proses.

“Termasuk untuk tahun depan Rp55 triliun akan dilakukan afirmasi kepada kelompok masyarakat yang memang perlu mendapatkan perhatian lebih tinggi,” ujar Menkeu.

Ia mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo meminta supaya memperkuat pengelola pendidikan, peneliti, dan berbagai segmen lain seperti pesantren yang berada di bawah Kementerian Agama.

“Mereka membutuhkan pemihakan yang cukup baik. Kami juga memperhatikan institusi penting baik itu birokrasi di pusat dan daerah, serta TNI-Polri juga menjadi target beasiswa,” ujar Sri Mulyani.

Menkeu juga mengharapkan adanya kolaborasi dari semua pemangku kepentingan mengingat investasi di bidang SDM bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat saja.

Ia berharap kolaborasi antara pemerintah, institut, dan dunia akademik akan terus berjalan sehingga perbaikan kualitas SDM akan terwujud secara lebih efektif dan cepat. (vin)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Agribisnis

Kemendag Turun ke Pasar Pastikan Harga Bahan Pokok Terjaga

Published

on

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan, Karyanto Suprih.

Zonaekonomi.com, Jakarta – Kementerian Perdagangan menurunkan sekitar 260 personel melalui dinas perindustrian dan perdagangan (disperindag) di daerah untuk turun ke pasar guna memastikan ketersediaan pasokan dan harga bahan pokok di seluruh Indonesia.

“Kalau ada pasokan yang kurang, harus mencari cara untuk memasok barang yang kurang, sehingga tidak ada alasan harga barang naik. Dan itu dibuktikan dari tingkat inflasi berturut-turut yang terjaga,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Karyanto Suprih di Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Menurut dia, disperindag mempunyai kewajiban untuk memberikan laporan dan terjun langsung, sehingga apabila terjadi surplus bahan pokok, maka bisa dialokasikan untuk daerah lain yang kekurangan.

Dalam hal ini, lanjut Karyanto, Kemendag ingin memastikan bahwa ketersediaan bahan pokok di seluruh daerah dapat terjaga sehingga tidak terjadi kenaikan harga.

“Kalau bahan pokok tersedia kan harga tidak mungkin naik,” ungkapnya.

Untuk itu, ia mengimbau penjual bahan pokok tidak berbuat curang, misalnya dengan menimbun bahan pokok, karena Kemendag akan menindak tegas.

“Kami bekerja sama dengan satgas pangan, kalau terjadi kenaikan harga barang di suatu tempat, dan ternyata ada penimbunan, itu akan di-black list. Penjual atau pengusahanya juga akan kita black list,” ujar Karyanto.

Menurut dia, Kemendag juga tengah mengembangkan sebuah teknologi agar setiap daerah mampu melaporkan ketersediaan bahan pokoknya di pasar secara cepat.

“Ini sedang kami kaji, nanti kami sampaikan,” pungkasnya. (spg)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending