Connect with us

Trans

Bandara Soekarno Hatta Operasikan “Layanan Jemput Tanpa Turun”

Published

on

PT Angkasa Pura II (Persero) melalui Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta secara resmi telah mulai mengoperasikan layanan jemput tanpa turun atau drive thru pick-up zone.

Zonaekonomi.com, Tangerang – PT Angkasa Pura II (Persero) melalui Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta secara resmi telah mulai mengoperasikan layanan jemput tanpa turun atau drive thru pick-up zone.

Eko Prihadi, Deputy Executive General Manager of Airport Service and Facility di Tangerang Senin (4/6/2018) mengatakan, tujuan pengoperasian layanan jemput tanpa turun yang terkoneksi dengan lokasi parkir Terminal 3 domestik ini sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan service excellence kepada para pengguna jasa.

“Kami sudah mulai mengoperasikan sistem ini. Tujuannya untuk mempermudah para pengguna jasa yang menjemput di area kedatangan gedung parkir domestik Terminal 3 tanpa harus turun dari mobil,” tutur Eko.

Sistem jemput drive thru pick-up zone diberlakukan sesuai dengan kebutuhan pengguna jasa yang saat ini lebih menyukai cara praktis, cepat dengan sistem yang semakin dapat memanjakan penumpang.

Selain itu bertujuan juga agar tidak terjadi ketidaknyamanan akibat macet di area gedung parkir Terminal 3 domestik.

Sistem drive thru pick-up zone sama seperti halnya memesan di outlet makanan cepat saji, penjemput tidak perlu masuk ke dalam restoran.

Jadi penjemput tidak perlu masuk ke gedung parkir terminal yang biasanya pick up penumpang di lantai 3 gedung parkir terminal domestik. Adapun waktu operasionalnya diberlakukan setiap hari di saat jam padat, mulai pukul 16.00-21.00WIB. Kami telah sediakan lokasi drive thru pick-up zone dengan lokasi yang nyaman,” ujar Eko.

Lokasi drive thru pick-up zone berbentuk looping (melingkar), yang telah disesuaikan untuk menghindari kemacetan arus penjemputan dan setelah itu bisa langsung keluar di exit gate baru yang sudah disiapkan. Adapun jumlah lajurnya dibuat empat, dengan luas area tahap awal sekitar 8.660 m2.

“Pada drive thru pick-up zone ini terdapat akses tersendiri untuk keluar dari Terminal. Dan, tidak ada penambahan biaya parkir untuk yang menggunakan fasilitas ini,” ujarnya.

Adapun untuk parkir di Terminal 3 internasional saat ini sudah ditambah area baru di dekat parkir kendaraan roda dua yang dapat menampung 100 roda empat. (ach)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Trans

PT PELNI Operasikan Empat Kapal Angkutan Lebaran

Published

on

PT Pelayaran Nasional Indonesia Cabang Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, mengoperasikan empat unit kapal untuk melayani penumpang pada aruys mudik Idul Fitri 1439 Hijriah.

Zonaekonomi.com, Batulicin, Kalimantan Selatan – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mengoperasikan empat unit kapal untuk melayani penumpang pada aruys mudik Idul Fitri 1439 Hijriah.

“Empat kapal melayani penumpang rute pelabuhan Samudra Batulicin- Tanjung Perak Surabaya, Batulicin-Makasar-Kupang NTT, Kotabaru-Batulicin-Pulau Sembilan-Batulicin-Kotabaru-Majene-Tanjung Silo Sulawesi Barat dan sebaliknya,” kata Kepala Kantor PT PELNI Cabang Batulicin, Purwadi, di Batulicin Rabu (6/6/2018).

Dikatakan, empat kapal tersebut di antaranya KM Egon, KM Wilis, KM Sabuk Nusantara 55, dan Amukti Palapa, yang masing-masing kapal memiliki kapasitas mencapai 544 penumpang.

Kapal-kapal itu berbeda dengan kapal yang sebelumnya pernah dioperasikan, yakni belum ada tempat tidur bagi para penumpang, namun saat ini setiap unit kapal yang disiapkan sudah memiliki tempat tidur untuk meningkatkan kualitas kenyamanan para penumpang.

Ia menjelaskan, untuk kapal angkutan lebaran tahun ini pihaknya sangat memprioritaskan kenyamanan penumpang, yang dulunya penumpang tidak mendapatkan jaminan tempat tidur saat di dalam kapal, namun semenjak bergantinya aturan yang baru oleh perusahaan maka kapal yang tidak ada tempat tidur bagi penumpang semuanya diganti.

Sekarang para penumpang tidak perlu khawatir saat berlayar untuk tidak mendaprkan tempat tidur, karena kapasitas yang yang tersedia sangat mencukupi.

Pelayaran rute Surabaya Batulicin, mereka mengoperasikan KM Egon, kapal tersebut jenis Roro, selain sebagai kapal mengangkut penumpang juga bisa digunakan mengangkut barang dan kendaraan sekaligus.

Kapal tersebut dioperasikan dua minggu satu kali dengan harga tiket untuk penumpamng orang dewasa Rp201.000/orang, sedangkan untuk bayi atau anak-anak Rp26.000/ orang, untuk kendaraan roda dua Rp450.000/ unit dan kendaraan roda empat sekelas kijang Rp2.064.000/ unit.

Sedangkan untuk kapal perintis KM Wilis rute Batulicin-Makasar beroperasi duaminggu satukali keberangkatan, dengan harga tiket penumpang orang dewasa Rp175.000, sedangkan untuk balita atau anak-anak Rp22.500 per orang. (mam)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trans

Riset : Puncak Arus Mudik Bergeser ke H-6 Lebaran

Published

on

Puncak arus mudik bergeser dari H-3 ke H-6 atau Sabtu (9/6/2016) karena adanya penambahan cuti bersama yang menyebabkan waktu libur semakin panjang dan memicu masyarakat untuk pulang kampung lebih awal.

Zonaekonomi.com, Jakarta – Puncak arus mudik bergeser dari H-3 ke H-6 atau Sabtu (9/6/2016) karena adanya penambahan cuti bersama yang menyebabkan waktu libur semakin panjang dan memicu masyarakat untuk pulang kampung lebih awal, berdasarkan hasil riset Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan.

“Puncak arus mudik H-7 dan H-6, tadinya prediksi puncak tanggal 13 Juni, tapi karena cutinya diperpanjang, jadi geser,” kata Kepala Badan Litbang Kementerian Perhubungan Sugihardjo dalam paparannya pada “Focus Group Discussions” bertajuk “Persiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2018” di Jakarta, Senin (4/6/2018).

Untuk arus balik, Sugihardjo mengatakan akan terjadi pada H+3 dan H+4 Lebaran dikarenakan pegawai swasta mulai masuk kerja pada 20 Juni dan PNS pada 21 Juni.

Sugihardjo menjelaskan untuk alasan pemilihan waktu mudik, sebanyak 52 persen mengatakan menunggu cuti bersama.

Dari hasil survei yang dilakukan, diketahui jumlah pemudik terbanyak berasal dari wilayah Jabodetabek, dengan tujuan tertinggi Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan Yogyakarta.

Sebanyak 46,7 persen pemudik lebih memilih untuk mudik menggunakan mobil pribadi dengan alasan lebih fleksibel, nyaman, serta cepat.

“Kalau untuk mobil, puncaknya itu Sabtu 6,09 persen, yg menarik di sini H-1 itu tinggi sama dengan puncak, fenomena ini terbukti tahun lalu,” katanya.

Dia menambahkan pemilihan angkutan pribadi terutama sepeda motor untuk mudik karena masyarakat tidak mempunyai pilihan akibat kurangnya sarana angkutan umum di kampung halaman.

Untuk angkutan Lebaran 2018, pemerintah meningkatkan sarana transportasi untuk mudik dari tahun sebelumnya.

Untuk transportasi darat, bus mengalami peningkatan sebanyak 1,68 persen, sedangkan kereta api mengalami peningkatan sebanyak 2,3 7 persen.

Untuk kesiapan transportasi laut presentasinya pun meningkat, kapal roro meningkat sebanyak 3,5 persen, dan kapal laut sebanyak 1,17 persen.

Dari sektor penerbangan, peningkatan yang dihasilkan sebanyak 0,93 persen.

“Ditingkatkannya persiapan angkutan Lebaran guna mengurangi pemakaian kendaraan bermotor pribadi,” katanya.

Selain itu, Kementerian Perhubungan menyediakan sejumlah transportasi angkutan Lebaran secara gratis, yakni 1.130 bus dengan kuota 50.850 orang, 70 truk dengan kuota 3.150 motor, dengan tujuan 32 Kota.

Selanjutnya pemerintah juga menyediakan tiga kapal penyeberangan dengan kuota 6.000 orang, dan 3.000 motor dengan tujuan tiga kota, enam Kapal laut dengan kuota 30.400 orang dan 15.200 motor dengan tujuan satu kota.

Kereta Api dengan kuota 18.096 otor dengan tujuan 32 stasiun. Total keseluruhan kuota yakni 87.250 orang dan 39.446 motor. (juw)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trans

Karyawan BUMN yang Mogok Saat Puncak Arus Mudik, Dinilai Tidak Etis

Published

on

Ketua Dewan Kehormatan Nasional Ikatan Konsultan Nasional Indonesia (INKINDO), Kristiya Kartika.

Zonaekonomi.com, Jakarta – Karyawan BUMN yang melakukan mogok pada saat arus mudik, dituding tidak etis, karena sebagai karyawan yang bekerja di perusahaan milik pemerintah, seharusnya tetap mengedepankan pelayanan kepada publik.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Kehormatan Nasional Ikatan Konsultan Nasional Indonesia (INKINDO), Kristiya Kartika di Jakarta, Jumat (1/6/2018), menanggapi ancaman mogok oleh Asosiasi Pilot Garuda (APG).

Menurut Kristiya, kalau ada permasalahan, seharusnya bisa diperjuangkan melalui perundingan, betapapun alotnya perundingan tersebut Prinsipnya tidak ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan.

“Tentu semuanya didasari oleh kesadaran kolektif saling menghargai nilai-nilai dan norma-norma perusahaan yang berorientasi pada upaya mencapai kemajuan korporasi di masa depan,” kata Kristiya.

Menurutnya, tugas dari Serikat Pekerja Garuda Indonesia justru turut bertanggungjawab menciptakan keharmonisan dan kegairahan anggotanya dalam memenuhi keinginan dan kepuasan pelanggan serta pasar pada umumnya.

“Upaya konfrontatif yang direncanakan untuk mogok khususnya disaat-saat penting bagi pelanggan sangat merugikan korporasi dan masyarakat,” katanya.

Apalagi, menurut Kristiya, Garuda Indonesia sebagai BUMN memiliki tanggung jawab sosial yang lebih besar terhadap kepentingan pelanggan yang adalah masyarakat Indonesia.

“Dialog agar terjadi kesepakatan adalah langkah yang lebih tepat dibanding langkah-langkah yang bernuansa penekanan pada pihak lain apalagi bernada konfrontatif.” tegas Kristiya, seperti dikutip Pusatsiaranpers.com. (sus)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending