Connect with us

Trans

Cikampek Macet, KAI Tambah Perjalanan Jakarta-Bandung PP

Published

on

Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro.

Zonaekonomi.com, Jakarta  – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero akan siap menambah jumlah perjalanan kereta dari Jakarta menuju Bandung pergi pulang (PP), seiring dengan tingginya minat masyarakat menggunakan moda transportasi ini, termasuk akibat seringnya kemacetan di ruas jalan tol Cikampek.

“Belakangan ini jumlah penumpang kereta Jakarta-Bandung PP terus melonjak. Ini kemungkinan besar karena masyarakat menghindari macet dampak proyek pembangunan di ruas jalan tol Cikampek,” kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, di Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Rute KA Jakarta-Bandung (PP), menurut dia, awalnya dilayani sebanyak delapan kereta atau 16 perjalanan pergi pulang.

“Namun, tingginya permintaan saat ini, KAI sudah menambahnya menjadi 10 kereta atau melayani 20 trip,” ujarnya.

Ia menjelaskan, jika jumlah penumpang yang menggunakan moda kereta api dari Jakarta menuju Bandung tetap membludak, maka KAI siap menambah hingga 15 kereta menjadi 30 trip (perjalanan).

Meski begitu, Edi menjelaskan penambahan akan disesuaikan dengan tingkat kapasitas slot yang tersedia pada rute tersebut dan termasuk pengadaan kereta sendiri.

“Kita lihat tingkat kepadatan jalur yang tersedia. Apakah sarana dan prasarana mampu menanggung beban tambahan kapasitas,” ujarnya.

Untuk itu, Edi juga menyampaikan bahwa selain menambah slot kereta pada rute Jakarta-Bandung, juga dimungkinkan untuk merevitalisasi rute Cianjur-Padalarang-Bandung.

“Rute kereta Bogor-Sukabumi-Cianjur sudah terbangun. Tapi, Cianjur-Padalarang-Bandung masih mati. Ini bisa direaktivasi untuk membantu mengatasi kemacetan di jalan raya,” ujarnya.

Demikian juga antisipasi kurangnya sarana, ia mengemukakan bahwa pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan PT INKA (Persero) dengan memesan kereta sebanyak 800 unit kereta.

“Sebanyak 438 di antaranya akan didatangkan hingga Lebaran 2018, yang dialokasikan, antara lain untuk rute-rute yang membutuhkan seperti Jakarta-Bandung ini,” demikian Edi Sukmoro. (roy)
  


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Trans

Kembali, Bandara Bali Raih Penghargaan Terbaik Dunia

Published

on

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, kembali meraih penghargaan terbaik dunia dari Organisasi Kebandarudaraan Global.

Zonaekonomi.com, Bali – Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, kembali meraih penghargaan terbaik dunia dari Organisasi Kebandarudaraan Global (ACI), yang bermarkas di Montreal, Kanada, untuk kategori bandar udara berkapasitas 15-25 juta penumpang per tahun.

“Penghargaan ini diberikan berdasarkan survei kepuasan konsumen terhadap layanan bandara,” kata Co-General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Sigit Herdiyanto di Kantor Cabang PT Angkasa Pura I, Tuban, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (18/9/2018).

Penghargaan itu diterima Sigit dari Direktur Jenderal ACI World Angela Gittens di Halifax, Kanada, Rabu (12/9).

Menurut Sigut, Bandara Bali keluar sebagai juara terbaik pada 2017 setelah bersaing dengan 340 bandara di 85 negara yang melibatkan sekitar 600 ribu orang pengguna jasa bandara.

Selain menyabet bandara terbaik dunia, salah satu bandara tersibuk di Tanah Air itu juga meraih dua penghargaan lain yakni peringkat kedua bandara terbaik di kawasan Asia Pasifik untuk penumpang di atas dua juta orang per tahun dan bandara terbaik berdasarkan ukuran dan wilayah di Asia Pasifik dengan kapasitas penumpang 15-25 juta per tahun.

Berdasarkan penjelasan ACI, katanya, metodologi ilmiah yang digunakan dalam survei, di antaranya prosedur kontrol kualitas yang ketat dan komitmen netralitas menjadi survei kualitas layanan bandara untuk mengukur kepuasan pengguna jasa.

Sigit juga menambahkan beberapa keunggulan dalam penilaian itu di antaranya kenyamanan ruang tunggu, petugas pelayanan dan keamanan, parkir mobil bertingkat, dan lingkungan bandara.

Sejumlah kegiatan hiburan juga kerap dilakukan sesuai tema misalnya saat peringatan hari besar keagamaan atau disesuaikan dengan karakteristik khas musim liburan. (dew)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Digital

Kemenhub Bilang Aturan Transportasi Online Baru Bakal Rampung Oktober

Published

on

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi.

Zonaekonomi.com, Jakarta – Aturan transportasi online baru yang menggantikan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek resmi yang dicabut Mahkamah Agung ditargetkan rampung pada awal Oktober 2018.

“Target saya secepatnya. Awal bulan depan saya usahakan sudah selesai,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi di Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Budi memaparkan, bahwa setelah aturan tersebut dicabut oleh MA, jajaran Kemenhub langsung menyusun aturan baru untuk menggantikannya, sehingga saat ini rancangannya telah disusun dan dirapatkan dengan pihak internal terkait.

“Saya sebenarnya sudah menyusun permenhub yang baru, tapi masih draft. Nanti kami akan rapat dengan Oganda (Organisasi Angkutan Darat). Jadi yang bisnis online harus jalan, yang biasa juga harus jalan,” ungkap Budi.

Dalam menyusun aturan baru yang akan menjadi Permenhub tersebut, Budi menyampaikan akan melibatkan berbagai pihak, sehingga aturan tersebut dapat diterima dan tidak digugat kembali.

“Di tempatnya Gojek saya bilang saya akan libatan semua aliansi yang ada. Harapan saya begitu nanti selesai, tidak ada gugatan lagi,” pungkas Budi.

Menteri Perhubungan sebelumnya mengeluarkan Permenhub Nomor 26 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek. Namun, Permenhub itu digugat ke MA dan hakim agung mencabutnya.

Menhub kemudian membuat Permenhub 108 untuk menggantikannya, namun aturan itu kembali digugat dan akhirnya diperintahkan untuk dicabut. (spg)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trans

Indonesia “Country Of Honor” di IFTM Paris

Published

on

Deputi Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata, Nia Niscaya.

Zonaekonomi.com, London – Indonesia dengan melibatkan 21 industri pariwisata akan menjadi Country of Honor pada pameran pariwisata internasional terbesar di IFTM Top Resa, Paris, yang ke-40 pada 23-25 September 2018.

Deputi Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata, Nia Niscaya, Kamis (13/9/2018), menyatakan dalam acara pameran pariwisata terbesar di Perancis ini, diharapkan akan dapat mendorong kepedulian masyarakat dan media dalam mempromosikan pariwisata Indonesia dengan memberikan informasi yang benar mengenai destinasi pariwisata Indonesia.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia bekerja sama dengan KBRI di Paris, dan VITO Perancis berpartisipasi pada acara IFTM Top Resa 2018 yang akan diselenggarakan di Porte de Versailles, Paris, Perancis.

IFTM Top Resa adalah salah satu bursa pariwisata internasional terbesar di Perancis dan merupakan suatu wadah memberikan kesempatan bagi kalangan industri pariwisata (travel trade, hotelier, penerbangan) seluruh dunia untuk mengembangkan hubungan bisnis baru di bidang pariwisata sekaligus memelihara dan meningkatkan hubungan bisnis yang sudah ada secara efektif dan efisien.

Pada acara tersebut, akan ditampilkan pula pertunjukan kesenian berupa tarian dan karnaval, keterampilan melukis henna, serta barista dan mixologist yang akan menyajikan kopi dan minuman tradisional khas Indonesia.

“Selain besarnya paparan media untuk meyakinkan masyarakat Eropa, diharapkan melalui pertemuan antar pebisnis pada acara ini, dapat dijalin kerjasama bisnis untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asal Perancis ke Indonesia,” ujarnya.

Dari perspektif statistik, Perancis menjadi salah satu pasar fokus Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Pada 2016, sejumlah 250.921 wisatawan mancanegara (wisman) asal Perancis mengunjungi Indonesia. Jumlah ini tumbuh 19,79 persen dari tahun sebelumnya.

Sementara pada tahun 2017, terdapat lebih banyak wisatawan Perancis yang mengunjungi Indonesia.

Menurut laporan sekitar 268.989 wisman Perancis datang ke Indonesia atau meningkat 7,20 persen dari tahun 2016.

Untuk tahun ini ditargetkan jumlah kunjungan wisman asal Perancis ke Indonesia meningkat menjadi 290.000 wisman.

Sementara capaian wisman asal Perancis sampai Juni 2018 sebanyak 113,996 atau meningkat 4,02 persen dibandingkan bulan yang sama pada tahun 2017.

Wilayah Eropa terus menunjukkan tren positif selama beberapa tahun terakhir. Inggris, Perancis, Jerman, Belanda dan Rusia adalah lima besar pasar Eropa untuk Indonesia.

Statistik menunjukkan market value pengunjung dari negara-negara tersebut mencapai lebih dari 1 juta dolar AS dengan rata-rata lama menginap hampir dua minggu (13,97 hari).

Untuk itu, Kementerian Pariwisata menawarkan beberapa program strategis dalam kesempatan Top Resa yaitu paket bundling tiket internasional dengan transportasi domestik beserta kerjasama airlines dan wholesalers.

Dalam acara IFTM Top Resa adalah salah satu bursa pariwisata internasional terbesar di Perancis Indonesia juga menggandeng mitra dari Singapore Airlines. (zey)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending